Read more: http://nurhamim86.blogspot.com/2012/04/cara-membuat-judul-blogspot-pada-tab.html#ixzz3TEOO4a83

Minggu, 01 Februari 2015

Wawancara Globalisasi

GLOBALISASI MENURUT GURU SMP BINTANG TIMUR

Wawancara
Ribka            : Selamat pagi pak
Pak Sitorus   : Selamat pagi
Ribka             : Kami punya tugas PKN dari ibu sihombing untuk mewawancarai    guru-guru diBintang Timur, Kami memilih bapak sebagai narasuber kami
Pak Sitorus   : Pertanyaannya apa itu ?
Ribka             : Apakah menurut bapak Globalisasi itu ?
Pak Sitorus   : Globalisasi menurut saya itu adalah suatu ruang terbuka yang   terjadi saat bumi didunia. Artinya keterbatasan antar negara dengan negara lain semakin terbuka karena canggihnya tehnologi khususnya didalam komunikasi. Artinya tidak ada lagi ruang tertutup antara satu negara dengan negara lain karena tehnologi yang sudah sangat sempurna. Jadi Globalisasi itu bukan hanya didalam tehnologi tetapi juga menyangkut ekonomi perdagangan kemudian mengenai transformasi atau transportasi antar beberapa negara dan juga khususnya mengenai tehnologi teruntuk kepada komunikasi antar beberapa bangsa
Ribka              : Jadi Sudah sejauh mana bapak sudah melakukan Globalisasi itu ?
Pak Sitorus   : Saya melakukan Globalisasi khususnya didalam pendidikan, contoh atau salah satu contoh adalah menerima model-model pembelajaran itu sangat mudah melalui sistem internet, karna internet itu termasuk salah satu poin dari globalisasi itu menyangkut mudahnya kita mendapatkan informasi melalui internet jadi materi pembelajaran dengan cara pembelajarannyapun mudah diperoleh baik itu pembelajaran di negara-negara maju,berkembang atau negara-negara yang tertinggal . Itu salah satu contoh yang kedua Globalisasi itu mudah juga mempengaruhi pendirian seseorang contoh pendirian pelajar di Indonesia sangat terpengaruh oleh karena Globalisasi itu Apa salah satu contohnya ?, contoh yang positif adalah bagi siswa yang mau belajar dengan sistem internet tentu akan lebih cepat memperoleh informasi pendidikan dan lebih luas, bagi siswa yang mau belajar dengan hal-hal yang negatif contohnya adalah film porno itu akan cepat memengaruhi pendidikan atau pendirian dari pada seoarang siswa. Itu salah satu contoh jadi kalau jadi guru saya tentu hal yang positif juga perlu saya lihat dan hal yang negative juga perlu dilihat supaya bisa pencegahan hal-hal yang negatif itu diingatkan kepada siswa supaya itu tidak diperhatikan. Boleh-Boleh saja diikuti tapi jangan sampai terpengaruh kepada hal-hal yang negatif. Kemudian dalam hal ekonomi bagi orang yang misalnya yang tidak menjadi guru atau menjadi guru kalau memang mau ekonominya bertambah atau keuangnya mau bertambah bisa, dengan cara yaitu ada sistem perdagangan itu dengan online, boleh kita memesan bawang dari tempat lain kita bayar bawang itu dikirim tanpa harus kita menjemput atau memintanya langsung dengan sistem online bisa. Itu salah satu contoh, jadi orang yang bisa mengikuti Globalisasi secara positif pasti akan lebih mudah mendapatkan informasi dari berbagai negara.
Ribka             : Ada nggak dampak unutuk Globalisasi bagi bapak baik positif maupun negatif ?
Pak Sitorus   : Dampak positifnya benar ada ! Salah satu contoh, saya lebih mudah mengakses model pembelajaran dari negara-negara lain, kemudian saya lebih mudah mempelajari hal-hal yang belum pernah saya dengar dan saya buka diinternet saya akan memperoleh itu dengan cepat tanpa harus bantuan orang lain, itu hal-hal yang positif. Jadi seorang guru bisa lebih cepat pintar kalau dia mau membuka semua model-model pembelajaran yang ada disetiap negara-negara maju. Hal negatif, contoh saya rasakan hal negative itu banyak sekali khususnya dalam hal pendidikan, karna makin susah anak-anak sekarang diarahkan kepada positif, karna dia sudah melihat hal-hal yang lebih menyenangkan sama dia padahal dia itu belum waktunya melihat itu. Mungkin kamu juga rasakan itu ! Dengan mudahnya apa yang mau kau buka di internet itu akan tersedia semua, kalau itu memang tidak bisa kamu kendalikan dirimu tentu kamu akan menjadi susah. Guru yang mengajar dikelas akan lebih susah mengarahkan anak kepada yang positif. Contoh misalnya seperti kelas kalianlah tadi , susah kita mengarahkan , maunya bekerja keras untuk belajar karna dia sudah terpengaruh oleh factor-faktor negatif tadi , terpengaruh untuk itu ! Mau bagaimana cara pacaran yang menyenangkan dibuka disitu ada , ya kan ? benar yang saya bilang itu ? terus Bagaimana melihat seorang wanita yang sudah mencintai kita ada disitu. Itu termasuk faktor yang positif tapi faktor yang negative juga banyak sekali didapatkan disitu, kemudian faktor yang negatif salah satu yang paling risk an penipuan , ya kan ? Pernah saya ditelepon oleh sesorang atau d isms , tolonglah berikan uang bapak sekian-sekian karna anak bapak tabrakan disana dia dibawa kerumah sakit , itukan hal yang negative juga itu ya dari globalisasi tadi , system informasi yang begitu canggih itu. Banyak orang tua yang tertipu disitu, itu salah satu contoh yang negative. Setiap ada dirimu udh banyak itu jatuh yang negative , ya kan ? iya membuka hp lebih lama dari pada membuka buku pelajaran, itu negative juga, itu saya kira.
Ribka             : Jadi menurut bapak lebih banyak dampak negative atau positifnya bagi kehidupan bapak ?
Pak Sitorus   : Dampak postif dengan dampak negarif itu hampir berimbang tergantung kepada orang yang menggunakan. Kalau sama saya factor yang positif yang lebih banyak karna saya tidak perlu mengakses yang negatif-negatif, karna udah tahu saya maksudnya itu untuk diri saya , ngapain saya buka ? Tapi anak  yang tidak mengerti untuk mengahancurkan dirinya selalu dia kotak katik hpnya supaya memperoleh akses yang negative, tentu lebih banyak sama dia , kan tergantung kepada kepribadian seseorang, jadi kalau kita misalnya supaya tidak terpengaruh yah tebalkanlah iman, kuatkan belajar, tujuan cita cita kita itu fokuskan , begitu ! Supaya kita tidak terpengaruh , kalau kamu terpengaruh yang negatifnya lebih besar ya rusaklah masa depanmu , begitu yah jadi tergantung orangnya , mau baik dia ambil yang postif mau yang nggak baik ia ambil yang negative , disitu saja kuncinya !
Ribka             : Terimakasih ya pak sudah meluangkan waktunya sebentar

Pak Sitorus   : udah ? Iya Terimakasih juga 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ribka Chance Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang